The Inside You

Things I Wish I Could Have Told Myself Years Ago

Berhenti khawatir. Cobalah!

Gagal adalah hal yang pasti jika kita tidak mencoba. Jika memang hidup hanya untuk memastikan kegagalan dan kegagalan berikutnya, mengapa masih menggerutu? kenapa masih kesal? kenapa masih sedih? Kenapa?
Karena kita, manusia, tidak diprogram untuk menerima kegagalan. Kita akan kecewa jika gagal. Bahkan kegagalan sekecil apapun bisa memberikan luka. Seperti lumpur yang melekat di pakaian putih. terlihat jelas, bahkan hingga ke bekasnya.

Namun, disaat sudah pernah gagal, apakah kita pernah berpikir untuk mencoba lagi?
Cobalah lagi! Berhentilah khawatir! Mencoba adalah satu-satunya cara menghapus kepastian akan gagal. Gagal berubah ‘pangkat’ dari pasti menjadi mungkin.
Tidak pernah mencoba pasti gagal, tapi jika mencoba akan mungkin gagal, dan mungkin berhasil!

“Orang yang mencoba dan gagal, akan sama gagalnya dengan orang yang tidak pernah mencoba. Jadi tidak ada ruginya mencoba. Cobalah.” – Mario Teguh.

Kasihi Semua Orang, Percaya Beberapa Saja.

Percayalah orang-orang yang ingin kau percayai, bukan orang yang ditunjuk oleh rekan-rekan disekitar kita. Bukannya pendapat mereka tidak penting. Tapi memberi kesempatan kepada diri sendiri untuk mengambil keputusan bisa menjadikan kita lebih manusiawi. Kesalahan bisa saja terjadi. Kebohongan tidak bisa selalu dihindari. Dan kebohongan itu kadang ditujukan kepada kita.

Jika memang terjadi, ya sudah.
Sudah terjadi. 
Tapi tetaplah jadi diri sendiri. Karena bukan kita yang rugi, tapi mereka.


It’s okay to not be okay.

Jika sedih, akui. Jika marah, akui. Jika tidak suka, akui.
It’s okay to not be okay.

You’re not perfect. You’re born that way. And that’s okay. 
You’re still beautiful, even you’re not okay.


Forgive Yourself

Tidak ada orang yang ingin kehilangan. Tidak ada.
Pahami mengapa hal-hal itu ada. Pahami untuk apa hal-hal itu ada.
Karena kadang, kehilangan adalah cara untuk menghargai kesempatan.

“If tomorrow all the bridges disappear in the world, then we can learn perfectly how very useful they were! Losing something is an excellent teacher!” Mehmet Murat Ildan.


Rawat Diri Lebih Baik.

Tidak ada yang lebih berharga di dunia ini bagi kita selain diri kita sendiri. Kita mungkin akan tetap ada disaat seisi dunia ini perlahan menghilang. Teman, kerabat, keluarga, kekasih. Namun, disaat diri kita menghilang, kita tidak ada.

Jagalah keberadaan kita dalam kehidupan dengan merawat apa yang ada. Rawat diri lebih baik. Buat tubuhmu sehat dengan olahraga, pola makan sehat, dan berhenti merokok. Buat jiwamu tenang dengan berTuhan dan beragama; pilih satu agama yang buatmu nyaman saja. Dan buat dirimu tetap belajar; bahkan tentang apapun. Jangan berhenti mencari siapa dirimu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *